CSS Menu Builder
jquery sliders
     
     
     
     
     
     
     
 
 
         
 
Letak dan Posisi
Luas wilayah Kawasan Sabang adalah 39.375 Ha (Singapura : 67.400 Ha/P.Batam : 41.500 Ha) dengan batasan wilayah sebelah utara dengan Teluk Benggala, sebelah selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah timur dengan Selat Malaka, dan sebelah barat dengan Samudera Hindia. Lihat Gambar 1.1. Letak Kawasan Sabang yang strategis karena berada pada jalur lalu lintas pelayaran (International Shipping Line) dan penerbangan internasional menjadikan posisinya begitu sentral sebagai pintu gerbang arus masuk investasi, barang dan jasa dari dalam dan luar negeri. Didukung juga dengan pembangunan Terusan Kra (Canal Kra) di Thailand, dapat memposisikan Sabang sebagai Buffer Zone bagi kapal-kapal container atau kapal-kapal kargo lainnya yang melalui Selat Malaka dan Samudera Hindia.

Letak geografis Kawasan Sabang yang unik dan khusus ini membuat posisinya begitu penting karena dapat menjadi pintu gerbang arus masuk investasi, barang dan jasa dari luar negeri. Selain kawasan tersebut dapat juga difungsikan sebagai sentral pengembangan industri padat-teknologi yang dapat memberikan manfaat di masa depan dan untuk mengembangkan industri, serta dapat pula berfungsi sebagai tempat pengumpulan dan penyaluran hasil produksi dari dan ke seluruh wilayah Indonesia serta negara-negara lain.

Peranan Sabang dalam peta perdagangan regional terkait dengan posisinya yaitu menjadi hub dari negaranegara SAARC (seperti India, Pakistan, Bangladesh, Afghanistan dan lainnya), negara-negara ASEAN (lihat Gambar 1.2), (Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunai Darussalam, Papua Nugini, Vietnam dan Myanmar), negara ASIA TIMUR (seperti Jepang, Korea, RRC-Hongkong dan Taiwan), serta Australia, Selandia baru dan Polynesia.

Secara regional geografis posisi Sabang sangat strategis di jalur pelayaran dari Asia Selatan menuju Asia Timur dan Australia. Sedangkan untuk perdagangan internasional Sabang merupakan persimpangan jalur distribusi barang dari benua Eropa dan Afrika menuju Benua Amerika dan Australia demikian juga sebaliknya. Letak geografis Sabang kalau ditinjau dari kepentingan Nasional, Sabang merupakan titik paling barat dari negara ini yang berbatasan dengan negara-negara Asia Selatan sehingga posisi Sabang dapat berfungsi sebagai pintu masuk bagi aktifitas perdagangan internasional di Indonesia bagian Barat.


Arsip Lainnya:
  Untitled Document

     
   Pelabuhan  
   Bandar Udara  
   Transportasi  
   Komunikasi  
   Perbankan  
   Kesehatan  
   Tempat Ibadah  
     

     
   Tempat wisata  
   Resort, hotel & penginapan  
     
s3Slider jQuery plugin
 
 
         
 
  Link Terkait
 
  Alamat BPKS Sabang
 
  "Kantor BPKS Jl. T. Panglima Polem; Sabang; Nanggroe Aceh Darussalam - Indonesia Telp.+6252-22144; Fax.+6252-22143; Email: "